Rabu, Februari 16

OBAT TRADISIONAL

Tanaman Obat Tradisional Ciplukan PDF Cetak E-mail
Tanaman Obat Tradisional Ciplukan biasanya tumbuh di pinggir hutan, di bekas tegalan, atau di bantalan sungai, Tumbuhan perdu tegak ini biasanya bercabang banyak, tingginya antara 10 – 100 cm. Tanaman obat tradisional bernama ilmiah Physsallis peruviana ini dapat hidup hingga ketinggian 1550 m di atas permukaan laut. Tanaman obat tradisional Ciplukan termasuk dalam kelompok famili tanaman solanaceae. Ciplukan hanya hidup selama satu tahun dari sejak kecambah hingga berbuah kemudian mati. Tumbuhan liar ini lebih menyukai tempat terbuka dan mendapatkan sinar matahari langsung.

Walaupun demikian tanaman obat tradisional ciplukan juga dapat hidup di tempat yang agak tedu,h asalkan tidak becek. Bunganya berwarna kuning, buahnya juga kekuningan jika sudah matang dan hijau sewaktu muda. Buahnya berbentuk lonceng. Tanaman obat tradisional Ciplukan dapat berbunga sepanjang tahun dan tidak tergantung musim.
Daunnya tunggal dan lekuk, panjang daun ciplukan kurang lebih  5 cm dan lebar lebih dari 2.5 cm tanaman ini berakar tunggang berwarna putih, tanaman obat tradisional ciplukan sebenarnya bukan tanaman asli indonesia. Melainkan berasal dari amerika serikat.
Ciplukan dapat tumbuh hampir di seluruh wilayah indonesi. Masing masing daerah memberinya nama yang berbeda pula. Di madura tumbuhan ini dinama jor-joran, ciciplikan (bali), dagomono (ternate), cecendet (sunda), susu sasak di NTB menyebutnya dedes, Kenamplukan dan di pulau seram maluku di kenal dengan lapununat. Masih banyak lagi, beberapa daerah menyebutnya kopo. Kopi ambon, angket, padangrase, dll.

Bukan hanya namanya yang berfariasi, tanaman obat tradisional ciplukan juga kaya khasiat. Air perasan akar tumbuhan ini dapat diminum untuk mengobati cacing. Serta jika ingin menurunkan demam, akar ciplukan dapat direbus kemudian diminum. Daunnya juga memiliki khasiat yang tidak kalah banyaknya. Daun ciplukan dapat mempercepat penyembuhan tulang patah. Penyakit busungair, bisul, borok, terkilir nyeri perut juga dapat diobati dengan daun tumbuhan ini. Minum air rebusan daunnya juga akan memperkuat organ jantung .



Diet Makrobiotik Diet Secara Alami PDF Cetak E-mail
Diet Makrobiotik Diet Secara Alami adalah Model diet asal asia ini adalah mengkonsumsi makanan rendah lemak, menekankan pada konsumsi padi padian dan sayur sayuran, dan membatasi cairan. Ini adalah prinsip aturan makan (diet) yang sama yang telah diketahui untuk mencegah penyakit jantung . Diet rendah lemak - tinggi serat juga dipercaya mencegah beberapa jeis penyakit kanker , penekanan terapi makrobiotik terutama pada makanan segar. Makanan yang tidak di lakukan pemrosesan / pengawetan terlebih dahulu akan membuktikan sangat membantu orang yang pantang dengan alergi makanan tertentu dan sensitif dengan bahan kimia.
Di samping memiliki manfaat, beberapa ahli gizi tendensipun secara tegas mengesahkan diet makrobiotik ini. Namun pemilihan makanan sebaiknya berhati hati. Konsumsi makanan yang terbatas dapat dengan mudah meningkatkan kekurangan gizi yang penting. Para ahli menambahkan  bahwa diet makrobiotik dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker , tetapi itu tidak menyembuhkan penyakit kanker ganas.
Gizi yang saling melengkapi
Diet makrobiotiktidak begitu banyak didasarkan pada prinsip prinsip pengetahuan gizi barat, tetapi lebih banya kepada unsur unsur filosofi cina kuno. Pemahaman ini merupakan suatu usaha mengimbangi gizi”saling melengkapi” yang di kenal sebagai “yin” dan “yang” pengetahuan ini mempercayai harus menjaga kesesuaian untuk mencapai kesehatan yang baik. Kekuatan ini di jadikan ke dalam tiap tiap aspek kehidupan.  Yin di sebut luas, ketika yang menyempit; yin dingin, yang panas; yin basah, yang kering; yin pasif, yang agresif; yin gelap, yang terang.

Cara hidup diet makrobitok bekerja keras untuk membawa mereka dalam keseimbangan. Makanan makanan tertentu di katakan sangat yin, yang lainnya sangat yang, dan beberapa diantara yin dan yang. Makanan yang paling seimbang di dalam serangkaian yin/yang (meskipun demikian tidak perlu ilmu pengetahuan tentang gizi) adalah beras merah dan dari jenis padi padian. Karena makanan ini dasar dari diet makrobiotik.

Pada dasarnya  cara hidup yang makrobiotik mengemukakan makanan yang mencerminkan tingkat derajat berbeda pada yin dan yang. Memilih sesuai kebutuhan diet individu dan wataknya. Dalam praktek yang dialami pada umumnya diet terdiri dari :

Padi padian kira kira 50-60% padi padian meliputi beras merah, jewawut, padi padian jenis millet, sejenis gandum, jagung, gandum hitam, gandum, dan soba. 25-30% sayuran segar. Terutama yang direkomendasikan adalah sayuran cruciferous (termasuk keluarga kubis) dan sayuran warna hijau gelap dan kuning. mereka harus tumbuh serara organis, dan mungkin pada tempat hidupnya yang alami pola makrobiotik mengajurkannya dengan air mendidih, atau menggoreng sebentar sayuran dengan sedikit minyak nabati, karena tujuan diaet makrobiotik, sayuran terbagi beberapa kategori:
-    Sering /rutin dimakan: sayuran cruciferous, bok choy, brokoli, kubis, kembang kol, collards, sayur hijau, sejenis sayur kol, buah sawi hijau, lobak, lobak cina, lobak cina hijau, daun singkong dan watercress; sawi, rumput dandelion, bawang, daikon, jeruk squash, semacam labu dll
-    Sewaktu waktu dimakan: seledri, jamur, kacang polong, kacang panjang.
-    Hindari kentang, buah tomat, terung, lada, asparagus, bayam, umbi manis, sayuran zucchini, buah alpukat.
-    5-10 % kacang kacangan, produk yang terbuat dari kedelai, dan sayuran laut. Di dalam kategori ini, tofu (tahu kedelai) adalah suatu favorit.



Memperkuat Ginjal Dengan Jus Asparagus PDF Cetak E-mail
Tanaman Obat Tradisional Asparagus (Asparagus officinalis) merupakan tanaman berserat yang cepat tumbuh dengan daun yang belum sempurna. Sejak abad ke 16 yang lalu asparagus telah di anggap obat selain sayuran. Tanaman ini dapat melancarkan urine (diuretik) yang sering digunakan sebagai obat ginjal , liver, rematik, da sulit buang air besar. Namun tanaman Obat Tradisional ini sebaiknya jangan dikonsumsi para penderita Gout ( encok asam urat ) karena mengandung purin yang berpotensi memperparah penyakit. Kandungan asparagus. Asparagus mengandung serat bersifat laksatif. Sayuran  yang tergolong keluarga liliaceae ini baik dikonsumsi wanita menjelang dan sedang haid. Dalam sebatang asparagus menghasilkan nutrisi

-    30 mg kalsium
-    84 mg fosfor
-    1.4 mg zat besi
-    3 mg sodium
-    375 mg potasium
-    1.220 I.U Vitamin A
-    2 mg niacin
-    45 mg vitamin C
-    Timah
-    Molydenium dll
Di dalam jus asparagus mengandung alkalin karena mengandung mineral dan elemen garam yang sedikit. Selain itu juga mengandung asparagus yang memungkinkan tubuh membersihkan dirinya sendiri dari sisa zat yang mengandung racun. Ketika diminum dan melewati sistem tubuh, jus asparagus akan memberikan bau yang sangat tidak enak pada air seni. Hal ini menunjukkan bahwa segala racun dalam tubuh telah di netralisir (detoksifikasi) dan ginjal akan berfungsi kemblali dengan normal.



Obat Tradisional Untuk Influenza PDF Cetak E-mail
Obat Tradisional Untuk Influenza, beberapa penyakit bisa di cegah dan diobati dengan obat tradisioanal. sudah di pahami bahwa flu di sebabkan olaeh infeksi virus yang menimbulkan sakit bila terjadi penurunan daya tahan tubuh seseorang. Maka beberapa tanaman obat tradisional dapat digunakan untuk mengatasi penyakit flu dengan meredakan gejala demam, pilek, batuk, nyeri otot dan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lebih baik lagi bila tanaman obat tersebut mempunyai daya antivital. Tanaman obat tradisional dapat di gunakan secara tunggal atau dalam bentuk ramuan. Berikut ini beberapa tanaman obat tradisional yang telah diketahui dan bisa digunakan untuk mengatasi flu / influenza :

Tapak liman (Elephantophus scaber)
Dalam pengobatan tradisional cina, tapak liman di kenal sebagai tanaman yang memiliki rasa pahit, pedas, dan sejuk. Bisa digunakan untuk anti radang ( radang amandel dan tenggorokan, radang hati radang ginjal dan radan rahim ), peluruh air seni, menghilangkan bengkak, menetralkan racun, mengatasi perut kembung, disentri, pembersih darah, dan peluruh haid.
Ciplukan (Physallis peruviana L.)
Tanaman ini mempunyai rasa pahit dan sejuk, memiliki sifat sebagai pereda demam dan nyeri (anti piretik dan analgesik), peluruh air seni, penetral racun, dan mengaktifkan fungsi kelenjar kelenjar tubuh.
Sambiloto (Androgaphis paniculata Burm. F nees)
Tanama ini memiliki rasa pahit, dan dingin. Mempunyai fungsi menurunkan demam (antipiretik), anti radang, anti racun, anti bengkak dan mengaktifkan kelenjar kelenjar tubuh. Tanaman ini ini dapat merangsang fagositosis untuk meningkatkan aktivitas kekebalan seluler hingga efektif melawan virus ataupun kuman.
Pulutan (Urena lobata)
Tanaman ini memiliki rasa manis, tawar, dan sejuk. Memiliki efek menurunkan demam (antipiretik), anti radang memperbaiki fungsi kelenjar kelenjar tubuh
Meniran (Phylantus Urinaria Linn)
Tanaman ini memiliki rasa agak asam dan sejuk memiliki efek menurunkan demam, peluruh air seni
Anti radang (radang ginjal dan radang hepatitis) dan juga dapat menigkatkan kekebalan tubuh (berdasarkan penelitian dapat menigkatkan limfosit T)




Ramuan Obat Tradisional Penyakit Kanker
Ramuan Obat Tradisional Penyakit Kanker. Kanker atau tumor ganas merupakan sekelompok penyakit yang sampai saat ini masih belum secara tuntas ditanggulangi oleh ilmu kedokteran dan masih merupakan momok/ hal yang menakutkan bagi masyarakat. Meskipun kemajuan dalam dalam ilmu Onkologi yakni cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari seluk beluk penyakit kanker sudah sangat maju dan banyak keberhasilan dan diagnosis dan pengobatan yang di capai tapi masih banyak lagi hal-hal yang belum jelas dan masih terusdi teliti di seluruh dunia. berikut pengobatan kanker yag dapat di lakukan dengan obat tradisional / obat herbal
  Obat Tradisional Penyakit Kanker / TumorPayudara antara lain : Temu mangga / kunir putih (Curcuma Alba), Jombang (Taraxicum Mongolicum), Rumput Mutiara (Hedyotis Corymbosa), Bidara Upas (Marremia Mammosa), Keladi Tikus (Thyphonium Flagelliforme), Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa),pegagan (Centella Asiatica), Sambung Nyawa ( Gynura Procumbens), Daun Dewa (Gynura Segetum). Obat Tradisional Herbal kanker Selain itu masih ada penyakit kanker seperti kanker paru, kanker hati, kanker kandungan, kanker indung telur yang bisa di obati dengan obat tradisional / obat herbal




Kumis Kucing Atasi Batu Ginjal dan Asam Urat PDF Cetak E-mail

Kumis Kucing Atasi Batu Ginjal dan Asam Urat

Ginjal dan oragan organ saluran kencing lainnya merupakan salah satu sekresi pembuangan sisa sisa metabolisme tubuh. jika organ ini terganggu, maka proses pembuangan racun racun dalam tubuh akan ikut terganggu. Salah satu mengatasi gangguan organ organ ini adalah memberikan tanaman obat yang bersifat peluruh kencing (diuretik) Efek diuretikum tanaman obat juga penting untuk mengatasi penyakit batu saluran kencing . Volume urine yang banyak akan cukup membantu pembuangan timbunan batu di saluraan kencing. Kumis kucing yang terkenal sejak lama berhasiat mengatasi gangguan saluran kencing dan batu ginjal .

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kumis kucing bersifat diuretikum adalah bukti pembenaran bahwa kumis kucing dapat mengatasi gangguan kencing. Tanaman ini juga mengandung unsur kalium (k) yang cukup berarti, unsur  K inilah yang berfungsi sebagai pemecah batu dalam pengobatan batuginjal atau batu saluran kencing lainnya. Sedangkan untuk pengobatan asam urat , kumis kucing berfungsi sebagai pemecah kristal asam urat dan mempercepat proses pembuangan dari dalam tubuh. tanaman kumis kucing sudah di kenal sejak lama dapat digunakan dalam pengobatan penyakit gout / asam urat . Asam urat ( Uric Acid) sendiri merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Purin dalam darah berasal dari makanan dan sebagai hasil pemecahan asam nukleat tubuh. asam urat merupakan sisa metabolisme tubuh yang hampir tidak berguna, peran ginjal dan saluran kencing lainnya sangat besar dalam pembuangan asam urat ini.



Fakta Obat Herbal dan Obat Tradisional PDF Cetak E-mail
Fakta Obat Herbal dan Obat Tradisional Pengobatan Obat Herbal berbahan Segala jenis tumbuhan baik yang berupa rumput, jamur, semak, atau pohon yang semuanya dapat di manfaatkan sebagai obat
adanya bukti sejarah orang zaman dahulu yang mempunyai fisik yang kuat, jarang dijumpai penyakit penyakit negatif seperti hipertensi, asam urat, diabetes, kanker tumor, sroke, jantung, dll dan rata rata usianya usia orang zaman dahulu lebih panjang di bndingkan orang zaman sekarang serta gigi yang masih sehat di usia tua

MENGAPA BISA TERJADI ?
Pola hidup alami
Berfikir positif
Bersahabat dengan alam
Ramah lingkungan

Keunggulan Obat Herbal :
Di bandingkan dengan obat obatan kimia (sintetis) maka obat obatan yang berasal dari tanaman obat ( obat herbal ) memiliki beberapa kelebihan antara lain :
tidak ada efek samping ( dengan sayarat penggunaannya dengan anjuran )
dapat mengobati penyakit penyakit yang tidak bisa disembuhkan secara tuntas dengan obat kimia (sintetis) seperti diabetes melitus, hipertensi, asam urat, kanker dll,
harga yang relatif murah karena bahan baku mudah di dapat
dapat disajikan sendiri dengan mudah tanpa membutuhkan bantuan dokter atau yang lainnya

Tidak ada komentar: