Kamis, Februari 17

SEHAT BUGAR



Tips Badan Sehat dan Bugar


Hal-hal yang mendukung agar badan bugar dan pikiran sehat :
1. Istirahat yang berkualitas.
Istirahat berhubungan dengan tempat tinggal, aktivitas dan lingkungan. Tidur malam adalah salah satu hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan pikiran dan badan. Pastikan anda selalu merasa nyaman untuk tidur malam anda, dengan suasana kamar yang sejuk, tenang (tidak berisik), dan bersih. Tidurlah dengan nyenyak tanpa pikiran selama 7-8 jam.
2. Tempat tinggal yang nyaman, tenang, dan bersih.
Pengaruh dari hal ini akan sangat mengganggu kinerja otak dan faktor psikologis. Bagaimana rasanya kalau setiap hari anda selesai beraktifitas dengan keadaaan suasana rumah yang berisik, bising, kotor dan tidak nyaman? pilihlah baik-baik lingkungan yang tenang, nyaman, dan bersih sebelum anda salah menentukan tempat tinggal yang tepat. Bagaimana otak dan pikiran anda bisa rileks dengan suasana rumah yang seperti pasar?
3. Makan makanan yang sehat.
Pola makan anda akan sangat menentukan kesehatan tubuh dan berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Terlebih lagi makanan yang anda makan akan sangat berpengaruh terhadap “bentuk fisik” dari setiap manusia. Kalau anda mau terlihat segar, makanlah makanan yang segar-segar seperti sayur sop, sukiyaki, sayur bayam, ayam rebus, tahu kukus, buah-buah segar, dll. Usahakan proses pembuatan makanan yang anda konsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat yang berbahaya seperti pewarna dan pengawet. makanan yang pengolahannya dengan dikukus, direbus atau dipanggang akan lebih baik daripada yang di goreng.
4. Olahraga secara teratur.
Hal yang 1 ini jangan anda sepelekan. Lupa / malas berolahraga seminggu saja dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kendur dan tubuh anda akan terasa loyo serta pikiran anda menjadi mumet. Selalu buat jadwal yang baik untuk berolahraga, misal: seminggu 3 kali atau setiap hari pun juga tidak apa-apa. Olahraga yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot yang kendur. Vitalitas anda akan tetap terjaga sepanjang hari.
5. Manajemen pikiran / pola pikir.
Hidup ini memang kompleks, setiap orang pasti dirundung masalah. Pikiran anda harus back to nature, maksudnya pikirkanlah apa yang harus anda lakukan untuk diri anda sendiri. Miasl: pola makan, pola tidur, pola akrifitas, rekreasi, dsb. Jangan campur adukkan pikiran anda dengan orang lain. Hadapi saja apa yang sedang anda alami saat ini, toh tidak selamanya anda bakal hidup seperti itu. Yang terpenting: buat perencanaan untuk masa depan anda, jangan urusin orang lain. Dan 1 lagi yang harus anda ingat, selalu dekatkan diri anda dengan Tuhan dan “berkomunikasilah” denganNya sesering mungkin.



Hindari Bau Mulut Saat Berpuasa

Umat muslim di dunia, termasuk Indonesia, memasuki bulan penuh berkah yakni bulan Ramadan. Persiapan-persiapan untuk menjalankan ibadah puasa pun dilakukan. Mulai dari mempersiapkan perlengkapan ibadah, makanan manis seperti korma untuk berbuka, hingga kesiapan kesehatan bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit.
Salah satu bagian tubuh yang sering kali bermasalah saat berpuasa adalah mulut. Sering kali bau mulut seseorang di bulan Puasa menjadi masalah serius dalam hubungan komunikasi dengan orang lain.
”Wajar saja hal itu terjadi karena memang ada yang menyikat gigi setelah tidur usai sahur, ada juga yang tidak. Bau mulut memang tidak bisa terhindarkan,” ujar dokter gigi Hariani Agustiarini.
Sebagian orang biasanya menyempatkan diri untuk tidur beberapa saat sehabis sahur dan salat Subuh, sebelum berangkat kerja. Namun, hal ini kerap menimbulkan masalah ketika bangun. Banyak orang yang ragu-ragu untuk menyikat gigi mengingat masih dalam kondisi berpuasa. Mereka beranggapan bahwa menyikat gigi itu makruh.
”Kalau menurut saya, tetap saya sarankan untuk menyikat gigi bila tidur lagi setelah sahur. Karena seberapa lama pun kita tidur, proses pembusukan dalam gigi tetap berlangsung dan itu menimbulkan bau mulut,” kata Hariani.
Bakteri di dalam gigi sebenarnya terus melakukan proses pembusukan, terutama setelah makan dan kondisi tubuh tidak aktif atau tidur. Menyikat gigi sebelum tidur tidak menjamin sisa-sisa makanan yang ada di dalam gigi terbuang semuanya. Makanan yang tersisa inilah yang menjadi sumber makanan dari bakteri dalam gigi sehingga berpotensi menimbulkan bau.
Tetapi, tingkat bau mulut seseorang tergantung dari kualitas mereka membersihkan gigi. Juga kondisi kesehatan seseorang. Orang yang menderita diabetes, misalnya, mulutnya akan tetap bau. Begitu juga yang menderita maag, bau mulut cepat keluar karena sensasi asam lambung yang cepat.
Untuk menjaga agar mulut tetap segar saat puasa dan tidak menimbulkan bau yang berlebih, makanan yang dikonsumsi saat sahur sebaiknya makanan yang tidak berpotensi tinggi menimbulkan bau, seperti pete atau goreng-gorengan. Makanan yang disarankan untuk sahur yaitu makanan tinggi serat seperti sayur dan buah.
Bau mulut saat puasa terjadi karena kekeringan pada mulut akibat kurangnya cairan (saliva atau air ludah). Karena saliva berkurang, bakteri dalam mulut pun jadi lebih banyak sehingga muncul bau mulut. Bagaimana mencegahnya? Berikut tips mengatasi bau mulut selama puasa:
* Hindari makanan yang berpotensi menimbulkan bau seperti bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, durian, ikan, daging, juga berbagai produk susu.
* Kurangi jumlah rokok yang diisap
* Gosok gigi setelah sahur, berbuka puasa dan mau tidur. Gosok dengan cara yang benar agar gigi dan rongga mulut bersih dan tidak tersisa makanan
* Untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi, gunakan benang gigi
* Perbanyak konsumsi buah dan sayur
* Kurangi konsumsi minuman berkafein
* Bila menggunakan obat kumur, jangan berlebih karena akan menghilangkan kondisi flora normal yang dibutuhkan gigi.


Penyakit Kawasaki pada anak usia 1-5 tahun

Sindrom Kawasaki
Waspadai bila balita demam tinggi dalam waktu yang lama. Kematian Jett Travolta (16 tahun) dua pekan silam menyentak publik. Anak aktor kenamaan Hollywood John Travolta ditemukan tewas di bak mandi saat berlibur bersama keluarganya di Bahama. Penyebab pasti kematiannya masih belum bisa ditentukan. Usut punya usut pada usia dua tahun Jett pernah menderita penyakit kawasaki. Tersiar kabar bahwa kematiannya diakibatkan karena serangan jantung akibat dari akumulasi kerusakan pembuluh jantung sejak terkena penyakit tersebut. ”Saya sendiri kurang yakin kalau anak John Travolta itu meninggal karena penyakit kawasaki. Tapi, memang pengaruh paling fatal dari penyakit itu adalah kerusakan pembuluh jantung,” ujar dr Najib Advani SpA (K) M Med, pakar penyakit kawasaki dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).Penyakit ini pertama kali dilaporkan oleh dr Tomisaku Kawasaki pada 1967 di Jepang. Di Negara Matahari Terbit itu penyakit tersebut mengenai 50-100 kasus per tahun. Di Indonesia, penyakit kawasaki ini, menurut Najib, sudah ditemukan sudah relatif lama. ”Kalau saya pertama kali menemukan kasus penyakit kawasaki pada 1996 tapi sebelum itu pernah ada yang menemukan pada 1980-an,” ujarnya. Najib Advani memprediksi setidaknya ada 5.000 kasus baru penderita kawasaki setiap tahunnya. Namun, hanya sekitar 100 sampai 200 kasus yang terungkap sehingga masih ada ribuan kasus penyakit kawasaki yang masih belum diketahui. Sebagian besar menyerang anak di bawah lima tahun terutama pada umur dua sampai tiga tahun. Sebanyak 65 persen merupakan anak keturunan Tionghoa, Jepang atau Korea. ”Tapi tentang penyebabnya sampai saat ini kami belum bisa memastikannya,” ungkap Najib. Hal tersebut terjadi karena kesadaran medis di kalangan masyarakat masih belum terbangun. Ditambah lagi beberapa kasus penyakit kawasaki justru mengalami kesalahan diagnosis karena adanya kesamaan gejala. ””Sering penyakit ini justru terdiagnosis sebagai campak, alergi obat, infeksi virus, atau bahkan penyakit gondong,” ungkap dokter yang pernah mempelajari tentang kardiologi anak di Belanda ini. Perlu obat khusus’… dan karena obatnya masih import dibutuhkan biaya yang cukup besar agar dapat cepat ditangani.



Manfaat Jalan Kaki Secara Rutin

Sembilan manfaat yang dapat diperoleh dari aktivitas jalan kaki.
(1) Serangan Jantung.
Pertama-tama tentu menekan risiko serangan jantung. Kita tahu otot
jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner
yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Untuk itu, otot jantung membutuhkan aliran darah
yang lebih deras dan lancar. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.
Bukan hanya itu. Kelenturan pembuluh darah arteri tubuh yang terlatih
menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu. Hasil akhirnya, tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, perlengketan antarsel darah yang bisa berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh juga akan berkurang.
Lebih dari itu, kolesterol baik (HDL) yang bekerja sebagai spons
penyerap kolesterol jahat (LDL) akan meningkat dengan berjalan kaki
tergopoh-gopoh. Tidak banyak cara di luar obat yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Berjalan kaki tergopoh-gopoh tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.
(2). Stroke.
Kendati manfaat berjalan kaki tergopoh-gopoh terhadap stroke
pengaruhnya belum senyata terhadap serangan jantung koroner, beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.
(3). Berat badan stabil.
Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme
tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas
berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh
meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak
terjadi.
(4). Menurunkan berat badan.
Ya, selain berat badan dipertahankan stabil, mereka yang mulai
kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan
berjalan kaki tergopoh-gopoh itu secara rutin. Kelebihan gajih di
bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki
cukup laju paling kurang satu jam.
(5). Mencegah kencing manis.
Ya, dengan membiasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam,
waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah
berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh
gemuk (National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases).
Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa
perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin
berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak
badan (brisk walking), obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa
berjalan kaki tergopoh-gopoh sama manfaatnya dengan obat antidiabetes.
(6). Mencegah osteoporosis.
Betul. Dengan gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja
otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Mereka yang melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang.
(7). Meredakan encok lutut.
Lebih sepertiga orang usia lanjut di Amerika mengalami encok lutut
(osteoarthiris) . Dengan membiasakan diri berjalan kaki cepat atau
memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa
mereda. Untuk mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri. Satu hal yang perlu diingat bagi pengidap encok tungkai atau kaki: jangan keliru memilih sepatu olahraga. Kita tahu, dengan semakin pertambahnya usia, ruang sendi semakin sempit, lapisan rawan sendi kian menipis, dan cairan ruang sendi sudah susut. Kondisi sendi yang sudah seperti itu perlu dijaga dan dilindungi agar tidak mengalami goncangan yang berat oleh beban bobot tubuh, terlebih pada yang gemuk. Bila bantalan (sol) sepatu olahraganya kurang empuk, sepatu gagal berperan sebagai peredam goncangan (shock absorber). Itu berarti sendi tetap mengalami beban goncangan berat selama berjalan, apalagi bila berlari atau melompat. Hal ini yang memperburuk kondisi sendi, lalu mencetuskan serangan nyeri sendi atau menimbulkan penyakit sendi pada mereka yang berisiko terkena gangguan sendi.
Munculnya nyeri sendi sehabis melakukan kegiatan berjalan kaki, bisa
jadi lantaran keliru memilih jenis sepatu olahraga. Sepatu bermerek
menentukan kualitas bantalannya, selain kesesuaian anatomi kaki.
Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas kaki, bahkan di dalam rumah
sekalipun, bisa memperburuk kondisi sendi-sendi tungkai dan kaki,
akibat beban dan goncangan yang harus dipikul oleh sendi.
(8) Depresi.
Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki cepat juga membantu
pasien dengan status depresi. Berjalan kaki tergopoh-gopoh bisa
menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin. Studi ihwal
terbebas dari depresi dengan berjalan kaki sudah dikerjakan lebih 10
tahun.
(9). Kanker juga dapat dibatalkan muncul bila kita rajin berjalan kaki, setidaknya jenis kanker usus besar (colorectal carcinoma).
Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga
buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh
tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga
menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara.



Program Diet sederhana

Apakah Anda sedang berjuang memperoleh bentuk tubuh ideal yang Anda inginkan? Mungkin bukan hal yang mudah tapi berikut adalah tips diet yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda….
1. Hindari pemikiran semua atau tidak sama sekali. Berpuasa bukanlah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.
2. Makanlah secukupnya dan atur asupan kalori secara bijaksana
3. Potonglah buah-buahan yang Anda suka dalam potongan kecil untuk menggantikan snack yang tidak sehat.
4. Hindari memakan cemilan dari toples, anda akan tidak sadar berapa banyak yang telah masuk ke dalam mulut Anda. Taruhlah didalam piring atau cukup ambil segenggam.
5. Jika Anda termasuk orang yang menyukai roti, pilihlah yang wholegrain.
6. Hindari makanan yang mengandung lemak lebih dari 10 persen. Baca label informasi nutrisi di dalam kardus makanan.
7. Catatlah makanan yang telah Anda santap selama 2 minggu. Percayalah Anda akan terkejut!
8. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh. Hindari atau ganti dengan yang rendah lemak.
9. Bawalah botol air minum kemanapun Anda pergi. Dengan begitu Anda tidak akan terdehidrasi dan juga lebih sedikit kemungkinan untuk memilih minuman yang bersoda ataupun terlalu banyak gula.
10. Cobalah detoxification, untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda
11. Snack baik bagi Anda untuk mencegah makan siang atau malam yang berlebihan.
12. Carilah teman atau partner untuk berdiet bersama. Cara ini akan membuat Anda berdua bisa saling memotivasi.
13. Carilah tahu kebiasaan Anda yang merusak program diet. Jika Anda suka mengemil roti menuju gym, gantilah rute Anda!
14. Minumlah banyak air mineral
15. Sayuran rendah di kalori akan tetapi jangan dimasak terlalu lama karena kandungan gizi dapat berubah.
16. Jika Anda terbiasa makan besar pada akhir pekan, usahakan snack yang rendah lemak dan kalori
17. Selalu pilihlah porsi terkecil dari menu restoran yang ada
18. Belilah sebuah juicer dan mulailah buat kreasi jus Anda sendiri. Jangan lupa untuk mencoba jus sayuran. Kaya vitamin dan lebih sedikit fruktosa.
19. Jangan berpikir bahwa salad selalu aman dikonsumsi. Mereka biasanya juga dikombinasikan dengan mayonnaise dan keju.
20. Sikatlah gigi Anda jika keinginan ngemil muncul. Rasa makanan menjadi buruk setelah Anda menyikat gigi.
21. Ingin menyantap coklat? Pilihlah low fat coklat!
22. Porsi makan bertambah selagi PMS? Lawan dengan mengkonsumsi kacang Almond. Mereka memberi banyak protein dan juga mengurangi keinginan ngemil makanan manis.
23. Pilihlah makanan yang direbus, berkuah, di tim, atau dibakar sebelum Anda memilih yang digoreng.
24. Pilihlah seledri sebagai teman diet yang setia mulai sekarang.
25. Gunakanlah sumpit untuk memperlambat makan Anda.
26. Hindari mengemil disaat Anda bosan, gantikanlah dengan hal-hal yang ingin Anda lakukan tapi tidak sempat!
27. Jangan berpikir bahwa Anda akan mulai berdiet setelah melalui masa stress. Percayalah masa ini akan selalu ada! Sebaliknya persiapkan diri Anda untuk menghadapi masa-masa ini dan tetap fokus kepada diet Anda.
28. Jam 3 adalah waktu snack favorit. Pilihan terbaik untuk meningkatkan energi meliputi pisang, kacang, dan low fat yoghurt.
29. Cobalah untuk lebih memilih kualitas daripada kuantitas.
30. Tambahkan cabai atau rempah-rempah pedas untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.
31. Tambahkan es ke dalam minuman Anda. Karena tubuh Anda membutuhkan energi untuk menyesuaikan minuman tersebut dengan suhu tubuh. Yang pada akhirnya akan membakar lemak Anda!
32. Siapkan semua makanan Anda sendiri daripada makanan siap saji. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol asupan gula dan kalori yang dipakai.
33. Untuk mengalahkan rasa lapar ketika memasak, mulailah dengan menyantap sepiring besar salad!
34. Ketika membaca artikel tentang diet yang cocok dengan Anda. Gunting dan tempelkanlah dikulkas Anda!
35. Dapatkan tidur yang cukup! Kelelahan berkepanjangan akan menyebabkan Anda meraih makanan yang tinggi kalori.
36. Susu kedelai merupakan alternatif yang lebih baik untuk mengkonsumsi susu rendah lemak!
37. Kurangi garam Anda!
38. Taruhlah foto di kulkas untuk memotivasi Anda!
39. Go Green! Pilihlah sayuran hijau ataupun teh hijau yang akan memberi kontribusi pada kesehatan Anda!
40. Pilihlah yang diet jika Anda terpaksa minum soda.
41. Untuk pembakaran lemak secara maksimal maka Anda diharuskan untuk mengkonsumi kacang-kacangan!
42. Sangat mudah untuk membuat temu janji di restoran ataupun kafe, Akan tetapi pilihlah tempat yang tidak akan membuat Anda harus makan! Seperti olahraga ataupun kerajinan tangan!
43. Pilihlah tangga daripada lift ataupun eskalator.
44. Hitung budget Anda untuk makanan ataupun snack. Anda bisa mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan lain.
45. Pisang adalah makanan terbaik sebelum Anda memulai berolahraga. Pisang dipenuhi dengan potassium yang akan membantu dengan otot dan kadar air dalam tubuh Anda.
46. Jangan lakukan hal lain ketika Anda sedang makan. Jika Anda makan sambil membaca ataupun sambil menonton, Anda akan segera mengasosiasikan kedua kegiatan ini. Anda akan segera makan begitu TV dinyalakan.
47. Pastikan Anda mendapatkan cukup matahari. Vitamin D akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak kalsium yang akan lebih mempercepat proses metabolisme.
48. Cobalah Herbal Tea secara bergiliran dan pilihlah favorit Anda. Percayalah ini investasi terbaik untuk kesehatan Anda.
49. Gigitlah makanan Anda secara perlahan-lahan!
50. Minumlah segelas air dengan perasan jeruk lemon untuk membantu meningkatkan metabolisme Anda!


Tubuh Fit Selama Berpuasa

Selama berpuasa sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk terlalu mengurangi aktivitas sehari-hari. Kita harus tetap kerja rutin sambil beribadah tentunya. Sebab itu cobalah untuk tetap menjaga kondisi tubuh yang prima, walaupun perus harus kosong selama 12 jam kita berpuasa.
Dr. Farouk Hafejee, seorang pakar kesehatan dari Islamic Medical Association - Afrika Selatan menjeaskan caranya :
- Untuk mendapatkan stamina yang baik, perbanyak makanan yang mengandung karbohidat yang lama dicerna oleh tubuh (karbihidrat kompleks) seperti gandum, oat, beras merah serta makanan berserat yang terdapat dalam sayur dan buah.
- Perbanyak minum air putih dimalam hari dan hindari minuman kafein seperti kopi dan minuman ringan, karena kafein bersifat diuretic yang menyebabkan kita sering buang air kecil.
- Tambahkan asupan vitamin C karena vitamin ini berperan dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit .
- Hindari memproses sayuran dan buah terlalu lama karena akan mengurangi vitamin yang terkandung didalamnya.
- Minum suplemen saat sahur akan membantu menambah asupan vitamin yang dibutuhkan.

Tubuh Sehat dgn Sepeda Lipat

Folding Bike
Saat ini olah raga sepeda menjadi alternatif untuk menjaga kebugaran tubuh, trend sepeda lipat / folding bike menjadi pilihan para eksekutif muda, kendaraan yang bisa dilipat jadi 3–5 bagian ini menjadi pilihan tentu saja bukan karena harganya yang lumayan (Rp 2 juta – puluhan juta), tapi lebih karena bisa mewakili sisi sportif.
Selain itu, sepeda lipat ringkas dan ringan dibawa. Bagasi mobil mini saja bisa membawa dua sepeda lipat. Bahkan, bisa dilipat saat naik bus Transjakarta. Saat jalan macet, tinggal dibuka dan genjot, praktis sekali.
Untuk anda yang suka berolah raga tidak ada salahnya beralih ke sepeda sebagai alternatif yang menyenangkan bersama kelauarga ataupun kerabat.

Tips Tidur Berkualitas


Feeling crabby lately? It could be you aren’t getting enough sleep. Although the average adult needs seven to nine hours of sleep a night, that number could be hard to come by if you factor in work, taking care of children and managing a household.
Then there are the unexpected challenges that can keep you up at night รข€” financial worries, layoffs, illness or relationship issues.
Compounding the problem is the fact that if you don’t get the rest you need, you’ll find it even harder to deal with the stresses causing your sleep problems to begin with.
Grumpiness isn’t the only result of sleep deprivation. Getting too little sleep impairs memory, reaction time and alertness. Tired people are less productive at work, less patient with others and less interactive in relationships.
Sleep deprivation can also be dangerous. According to the National Highway Traffic Safety Administration, more than 100,000 crashes each year are due to drivers falling asleep at the wheel.
Try one or two of the following tips or a combination until you have enough quality sleep to feel alert and well-rested. If these tips don’t work, see your doctor. You could have a sleep disorder, such as obstructive sleep apnea, that requires medical attention.
1. Stick to a schedule, and don’t sleep late on weekends. If you sleep late on Saturday and Sunday morning, you’ll get Sunday night insomnia. Instead, go to bed and get up at about the same time every day.
2. Don’t eat or drink a lot before bedtime. Eat a light dinner about two hours before sleeping. If you drink too much liquid before sleeping, you’ll wake up repeatedly in the night for trips to the bathroom.
3. Avoid caffeine and nicotine. They’re addictive stimulants and keep you awake. Smokers often experience withdrawal symptoms at night, and smoking in bed can be dangerous. Caffeine should be avoided for eight hours before your desired bedtime.
4. Exercise. If you’re trying to sleep better, the best time to exercise is in the afternoon. A program of regular physical activity enhances the quality of nocturnal sleep.
5. A slightly cool room is ideal for sleeping. This mimics your internal temperature drop during sleep, so turn off the heat and save on fuel bills.
Use a dehumidifier if you’re bothered by moist air. Use a humidifier if you’re bothered by dry air. Signs and symptoms of dry air irritation include a sore throat, nosebleeds and a dry throat.
6. Sleep primarily at night. Daytime naps steal hours from nighttime slumber. Limit daytime sleep to less than one hour, no later than 3 p.m.
If you work nights, keep your window coverings closed so that sunlight, which interferes with the body’s internal clock, doesn’t interrupt your sleep.
If you have a day job and sleep at night, but you still have trouble waking up, leave the window coverings open and let the sunlight wake you up.
7. Keep it quiet. Silence is more conducive to sleep. Turn off the radio and TV. Use earplugs or a fan or some other source of constant, soothing, background noise to mask sounds you can’t control, such as a busy street, trains, airplanes or even a snoring partner. Double-pane windows and heavy curtains also muffle outside noise.
8. Make your bed. “A good bed is subjective and different for each person. Make sure you have a bed that is comfortable and offers orthopedic comfort,” says Dr. Shepard.
If you share your bed, make sure there’s enough room for two. Children and pets are often disruptive, so you may need to set limits on how often they sleep in your bed with you.
9. Soak and sack out. Taking a hot shower or bath before bed helps bring on sleep because they can relax tense muscles.
10. Don’t rely on sleeping pills. Check with your doctor before using sleeping pills. Doctors generally recommend using sleeping pills for up to four weeks. Make sure the pills won’t interact with other medications or with an existing medical condition. If you do take a sleep medication, reduce the dosage gradually when you want to quit.

Tips Sehat Berpuasa

Dalam beberapa waktu lagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan, dimana umat Islam diwajibkan untuk melaksanakannya. Banyak para ahli yang setuju bahwa puasa akan menjaga tubuh kita dari beberapa penyakit diantaranya :
- Menjaga kadar kolesterol darah
- Mengurangi radikal bebas dalam tubuh
- Mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2
Selain itu, seperti dijelaskan oleh dokter Probosuseno SpPD, spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Dr Sardjito, Yogyakarta, ada beberapa manfaat lain dari puasa untuk kesehatan yaitu :
* Mendorong terjadinya rejuvinasi (pergantian) sel-sel tubuh
* Membantu menurunkan tekanan darah bagi yang menderita tekanan darah tinggi. Berat badan juga akan turun.
* Dispepsia (maag) fungsional kebanyakan akan membaik berkat puasa
* Penyakit kulit khususnya jamur akan lebih cepat membaik
* Puasa dapat meningkatkan volume semen, persentase spermatozoa hidup dan jumlah total spermatozoa.
Lakukan dengan benar
Berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan dengan benar sesuai dengan kaidah agama juga kesehatan agar puasa kita memberikan hasil yang optimal :
1. Makan dan minum yang cukup, sekitar 8-10 gelas sehari, Minum air di sini tidak selalu berarti air putih semata, tetapi minum teh, susu, jus buah, koktil buah, bahkan kuah sayur juga termasuk dalam jumlah air yang kita konsumsi.
2. Untuk kebutuhan kalori, biasanya wanita membutuhkan kalori sekitar 1.900 kalori, sementara pria 2.100 kalori. Kalori sebanyak ini bisa terpenuhi dari makanan dan minuman yang disantap selama sahur dan buka puasa. Untuk makanan, sebaiknya pilih makanan alami karena lebih aman. Misalnya: karbohidrat diperoleh dari nasi, kentang, mi atau jagung.
Protein dari daging, ikan, tempe, tahu, dan lain-lain. Sedangkan sumber vitamin dan mineral ada pada sayuran dan buah-buahan berwarna kuning, hijau tua, dan merah.
3. Saat berbuka puasa, hendaknya tidak makan sekaligus banyak, tapi secara bertahap.
Dimulai dengan menikmati makanan ringan atau minuman yang manis-manis. Jika Anda suka kurma, makanlah buah yang berasa manis ini. Selain berguna untuk menyuplai energi, kurma juga kaya kandungan zat gizi seperti kalium, magnesium, niasin, dan serat
4. Sedangkan pada saat sahur, meski kurang bernafsu untuk makan karena rasa kantuk belum hilang, sebaiknya digunakan sebaik-baiknya. Ada anjuran untuk makan sahur selambat mungkin, kira-kira setengah jam sebelum Imsak. Tapi ingat, sebaiknya makan sahur tidak terlalu kenyang, kira-kira sepertiga dari kebutuhan kalori sehari
5. Jika tidak bisa makan nasi dalam jumlah yang cukup banyak (karena ada perubahan pada lambung dan gerakan usus) cobalah untuk makan camilan. Untuk mencegah sembelit, sebaiknya sayur dan buah dikonsumsi setiap hari. Jika perlu mengonsumsi suplemen
6. Istirahat di waktu siang hari. Ini berguna untuk menghindari keluarnya keringat yang sangat banyak
7. Jika ingin olahraga, bisa dilakukan pada sore hari sekitar satu atau setengah jam sebelum berbuka.
sumber : Republika Online

Tips Badan Sehat dan Bugar

Hal-hal yang mendukung agar badan bugar dan pikiran sehat :
1. Istirahat yang berkualitas.
Istirahat berhubungan dengan tempat tinggal, aktivitas dan lingkungan. Tidur malam adalah salah satu hal yang paling penting untuk menunjang kesehatan pikiran dan badan. Pastikan anda selalu merasa nyaman untuk tidur malam anda, dengan suasana kamar yang sejuk, tenang (tidak berisik), dan bersih. Tidurlah dengan nyenyak tanpa pikiran selama 7-8 jam.
2. Tempat tinggal yang nyaman, tenang, dan bersih.
Pengaruh dari hal ini akan sangat mengganggu kinerja otak dan faktor psikologis. Bagaimana rasanya kalau setiap hari anda selesai beraktifitas dengan keadaaan suasana rumah yang berisik, bising, kotor dan tidak nyaman? pilihlah baik-baik lingkungan yang tenang, nyaman, dan bersih sebelum anda salah menentukan tempat tinggal yang tepat. Bagaimana otak dan pikiran anda bisa rileks dengan suasana rumah yang seperti pasar?
3. Makan makanan yang sehat.
Pola makan anda akan sangat menentukan kesehatan tubuh dan berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh. Terlebih lagi makanan yang anda makan akan sangat berpengaruh terhadap “bentuk fisik” dari setiap manusia. Kalau anda mau terlihat segar, makanlah makanan yang segar-segar seperti sayur sop, sukiyaki, sayur bayam, ayam rebus, tahu kukus, buah-buah segar, dll. Usahakan proses pembuatan makanan yang anda konsumsi tidak mengandung lemak jenuh yang tinggi, kolesterol, dan zat-zat yang berbahaya seperti pewarna dan pengawet. makanan yang pengolahannya dengan dikukus, direbus atau dipanggang akan lebih baik daripada yang di goreng.
4. Olahraga secara teratur.
Hal yang 1 ini jangan anda sepelekan. Lupa / malas berolahraga seminggu saja dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kendur dan tubuh anda akan terasa loyo serta pikiran anda menjadi mumet. Selalu buat jadwal yang baik untuk berolahraga, misal: seminggu 3 kali atau setiap hari pun juga tidak apa-apa. Olahraga yang baik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan peredaran darah dan menguatkan otot-otot yang kendur. Vitalitas anda akan tetap terjaga sepanjang hari.
5. Manajemen pikiran / pola pikir.
Hidup ini memang kompleks, setiap orang pasti dirundung masalah. Pikiran anda harus back to nature, maksudnya pikirkanlah apa yang harus anda lakukan untuk diri anda sendiri. Miasl: pola makan, pola tidur, pola akrifitas, rekreasi, dsb. Jangan campur adukkan pikiran anda dengan orang lain. Hadapi saja apa yang sedang anda alami saat ini, toh tidak selamanya anda bakal hidup seperti itu. Yang terpenting: buat perencanaan untuk masa depan anda, jangan urusin orang lain. Dan 1 lagi yang harus anda ingat, selalu dekatkan diri anda dengan Tuhan dan “berkomunikasilah” denganNya sesering mungkin.

Tidak ada komentar: