Senin, Februari 28

5 istilah penting apotik dan farmasi, nah pada postingan kali ini istilah-istilah tersebut akan saya tambahkan berhubung ada beberapa permintaan dari apotik mania. Berikut ini yang saya tambahkan adalah istilah-istilah yang terkait dengan obat :
  • Obat Paten adalah obat yang masih memiliki hak paten, biasanya selama 20 tahun, setelah 20 tahun baru boleh di produksi oleh perusahaan lain
  • Obat Generik adalah obat dengan nama resmi International Non Propietary Names (INN) yang telah di tetapkan dalam Farmakope Indonesia atau buku standar lainnya untuk zat berkhasiat yang dikandungnya
  • Obat Generik Bermerek/bernama dagang adalah obat generik dengan nama dagang yang menggunakan nama milik produsen obat yang bersangkutan
  • Obat Essensial adalah obat terpilih yang paling dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan masyarakat mencakup upaya diagnosis, profilaksis, terapi dan tercantum dalam Daftar Obat Esensial Nasional (DOEN) yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan
Nah apotik mania, untuk postingan kali ini cukup tambahan beberapa istilah di atas. Kalau ada yang ingin menambahkan saya sangat senang sekali. Semoga artikel ini selalu bermanfaat buat kita semua. Salam sehat !





Postingan kali ini saya bahas mengenai cara menyimpan obat. Nah apotik mania,  selamat menikmati…….
Di mana Anda meletakkan kotak obat di rumah? Jika Anda menaruhnya di dapur atau kamar mandi, pikir ulang lagi. Pasalnya, dua area tersebut memiliki tingkat kelembaban dan temperatur yang tinggi sehingga cepat merusak kandungan obat, terutama vitamin.
Para peneliti menemukan, vitamin C yang banyak terdapat dalam berbagai jenis suplemen dan multivitamin rata-rata diproses melalui cara yang sebut deliquescence, di mana tingkat kelembaban akan membuat kandungan yang larut dalam air menjadi larut.
“Membuka dan menutup kemasan akan mengubah suhunya. Bila Anda melakukannya di kamar mandi, tiap kali membuka dan menutup kemasan, kelembabannya akan bertambah. Apalagi kelembaban di kamar mandi dan dapur bisa sangat tinggi, tergantung pada berapa lama Anda mandi,” kata Lisa Mauer, peneliti yang mengkaji masalah ini.
Dia menambahkan, bila kandungan dalam suplemen larut, kualitas dan masa pakai produk tersebut akan berkurang. “Dalam waktu singkat, sekitar seminggu, seluruh kandungan vitamin C dalam produk suplemen bisa hilang,” katanya.
Dalam penelitiannya, Mauer meneliti dampak perubahan suhu dan kelembaban, seperti di kamar mandi dan dapur, berpengaruh pada masa pakai dua jenis vitamin C, yakni asam askorbat dan sodium askorbat.
Hasil studi menunjukkan, naiknya suhu dan kelembaban akan memengaruhi kandungan vitamin. Meski setelah suhu turun kandungannya akan membeku lagi, tetapi kerusakan sudah telanjur terjadi. “Perubahan kimia yang sudah terjadi tidak bisa dikembalikan lagi,” papar Mauer.
Salah satu tanda berkurangnya nutrisi dalam produk vitamin adalah muncul bercak coklat, khususnya pada produk vitamin anak. “Memang tidak berbahaya untuk dikonsumsi, tapi kita tidak akan mendapat manfaat apa-apa selain kandungan gula yang tinggi. Tak ada bedanya dengan permen,” ujarnya.
Untuk menjaga agar kandungan vitamin bertahan lama, simpan produk suplemen dalam ruangan yang tidak lembab dan hangat.




apakah anda pernah mengalami biang keringat ? Biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang biasa terjadi pada cuaca yang panas dan lembab. Walaupun tidak berbahaya, akibatnya kulit kita merasa tidak nyaman sekali/risih/terganggu. Kenapa demikian, karena kulit yang mengalami biang keringat biasanya akan timbul bintil-bintil halus kemerahan, terutama pada daerah-daerah lipatan tubuh seperti leher, lipat tangan, lipat siku, di bawah payudara (khusus wanita), lipatan paha, lipatan kulit kaki (terutama pada bayi), dan lipatan lutut. Selain itu kulit akan terasa gatal dan lembab, hal ini lah yang membuat kulit tidak nyaman ketika mengalami biang keringat
Apotik mania, berikut ini tindakan pengobatan praktis yang dapat dilakukan adalah dengan mengoleskan tipis-tipis cairan kalamin atau krim anti gatal lainnya atau salep/krim yang sejenis dan bisa juga menggunakan bedak salicyl. Penggunaan bedak/salep/krim ini biasanya habis mandi pada pagi dan sore hari. Perlu diperhatikan, pengobatan biang keringat pada lipatan kulit sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, lalu diberi bedak dan ratakan. Penting juga untuk pengobatan biang keringat adalah “Jangan digaruk untuk mencegah luka dan infeksi pada kulit”, karena kalau sudah luka dan infeksi pengobatannya akan berbeda.
Pengobatannya, tetapi yang tak kalah penting adalah cara pencegahan biang keringat supaya tidak muncul, yaitu dengan cara :
  1. Kenakan pakaian yang tipis, hindari pakaian dari bahan nilon dan bahan lain yang tidak bisa menyerap keringat dan menahan panas
  2. Usahakan selalu dalam ruang dingin dengan kipas angin/alat pendingin udara
  3. Mandi paling tidak 2 kali sehari pagi dan sore, atau setiap kali setelah selesai bekerja/latihan yang menyebabkan keluar keringat.



Pelanggaran di bidang kefarmasian semakin marak terjadi di masyarakat, contoh yang paling sering adalah beredarnya obat palsu. Pelanggaran tersebut terjadi selain karena alasan ekonomi bisa disebabkan ketidakfahaman atau ketidaktahuan pelaku dengan peraturan perundangan yang berlaku. Selain itu karena faktor kesengajaan atau karena lemahnya pengawasan dari pihak yang berwewenang serta masyarakat. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya agar pelanggaran dibidang kefarmasian ini bisa berkurang.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberlakukan sanksi pidana dan denda kepada pelakunya. Hal ini selain bertujuan untuk memberikan efek jera buat pelakunya juga untuk mencegah terjadinya pelanggaran oleh pelaku yang lain. Nah, Sanksi pidana dan denda ini telah tercantum didalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.
Silahkan baca sanksi pidana dan denda berikut (perhatikan lama pidana penjara dan jumlah dendanya) :
  1. Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan/atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah). (Pasal 196)
  2. Setiap orang yang dengan sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan/atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar dipidana dengan pidana penjara paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah). (Pasal 197)
  3. Setiap orang yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan untuk melakukan praktik kefarmasian dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah). (Pasal 198)
kalau yang membuat dan mengedarkan obat palsu bisa di kenai ketiga sanksi di atas lho, karena sediaan farmasinya tidak aman, tidak ada khasiat, tidak ada izin dan yang membuatnya mungkin bukan ahlinya. Akhirnya saya ingin mengajak semua, mari kita dukung aturan ini, kita jaga dan awasi lingkungan sekitar, jangan sampai ada yang mencoba untuk melanggar aturan tersebut. Don’t try this at home !!



postingan berikut ingin mengungkapkan sebuah fakta yang sering terjadi di masyarakat mungkin termasuk anda juga pernah mengalaminya. Apa itu ? Mengabaikan Tanda Peringatan obat, Kok bisa? Begini apotik mania pada obat bebas terbatas (yang berlogo biru) selalu terdapat tanda peringatan pada kemasan terluarnya. Tanda peringatan obat ini berbentuk kotak empat persegi panjang, dasar kotak berwarna hitam  dengan ukuran panjang 5 (lima) centimeter, lebar 2 (dua) centimeter dan memuat tulisan tanda peringatan berwarna putih (lihat pada gambar kiri atas tulisan ini atau lebih jelas ambil satu kemasan obat bebas terbatas yang ada di rumah anda). Tanda peringatan obat ini ada 6 macam jenisnya, yaitu :
  1. P No. 1, Awas! Obat Keras, Bacalah Aturan Memakainya
  2. P No. 2, Awas! Obat Keras, Hanya Untuk Kumur, Jangan Ditelan
  3. P No. 3, Awas! Obat Keras, Hanya Untuk Bagian Luar Badan
  4. P No. 4, Awas! Obat Keras, Hanya Untuk Luka Bakar
  5. P No. 5, Awas! Obat Keras, Tidak Boleh Ditelan
  6. P No. 6, Awas! Obat Keras, Obat Wasir, Jangan Ditelan
Nah tanda peringatan obat ini masih sering sekali kita abaikan,, tetapi semoga dengan penjelasan singkat ini bisa membuat kita lebih teliti untuk melihat kemasan obat yang kita beli. Kalau tanda peringatan obat bebas terbatas ini tidak dicantumkan oleh pabrik obat berarti telah melanggar aturan lho, atau jangan-jangan obat tersebut palsu ? So selalu perhatikan Tanda Peringatan!

1 komentar:

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK

Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk memulai?
Saya adalah direktur Nadira Muhammad Loans Limited,
Layanan pinjaman Nadira Muhammad adalah lisensi kredit investasi legal yang kami tawarkan
Pinjaman kepada Individu dan bisnis dan menyediakan
Layanan dan investasi yang dapat diandalkan untuk berbagai tingkat pelanggan / kandidat
Dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
(3000 $ / € / Rp) untuk jumlah pinjaman maksimum ($ 700 miliar $ / € / Rp) dengan
Jangka waktu 1 tahun sampai 25 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
E-mail di: Nadiramuhammadloancompany@gmail.com

Misi perusahaan ini adalah untuk menyediakan perorangan dan perusahaan
Organisasi swadaya
Memenuhi kebutuhan, harapan dan membantu meningkatkan jiwa kita
Dan komunitas mereka. Butuh pinjaman prom ?? Sekitar
48 jam layanan penuh bagi pelanggan kami.

Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk memulai
Segera, kami siap melayani anda
Temukan pinjaman yang berminat untuk mengisi formulir aplikasi dibawah gaji