Sabtu, Februari 19

PENGERTIAN FARMAKOGNOSI DALAM FARMAKOLOGI

Pengenalan Berbagai Istilah dalam Farmakologi


Dalam postingan kali ini, karena Blog seputar Farmakologi, Obat dan Farmasi ini masih tergolong baru maka saya mungkin akan lebih banyak memperkenalkan beragam isitilah yang dipakai dalam ilmu Farmasi atau Farmakologi yang dalam bahasa inggrisnya sering disebut Pharmacology.

Jika pada postingan sebelumnya saya sudah membahas berbagai istilah lain yang sering digunakan dalam Farmakologi seperti Farmakokinetik dan Farmakodinamik maka kali ini istilah yang akan saya bahas adalah tentang Farmakognosi dalam Farmakologi.

Farmakognosi sendiri sebenarnya adalah cabang ilmu Farmakologi yang mempelajari sifat-sifat tumbuhan dan bahan lain yang merupakan sumber obat. Cabang ilmu ini tidak lagi dipelajari di Fakultas Kedokteran, tetapi merupakan salah satu mata pelajaran penting di Fakultas Farmasi. Seiring perkembangan waktu cabang Ilmu Farmakognosi ini kini memiliki peranan penting dalam perkembangan dunia Farmasi maupun Ilmu Farmakologi di Tanah Air.

PENGERTIAN FARMAKODINAMIK DALAM ILMU FARMAKOLOGI

Farmakodinamik|Efek Obat Dalam Tubuh


Wah gak terasa sudah ternyata sudah lama gak posting di blog tercintaku yang membahas seputar Farmakologi, Obat, Pengobatan dan segala sesuatu tentang Dunia Farmasi ini.

Ok deh.. gak perlu banyak basa basi mungkin saya langsung aja menjelaskan isi postingan sesuai judul di atas yaitu pengertian farmakodinamika dalam perkembangan ilmu farmakologi.

Pengertian farmakodinamika dalam ilmu farmakologi sebenarnya memiliki hubungan yang cukup erat dengan farmakokinetik yang telah saya jelaskan pada posting terdahulu saya, jika farmakokinetik lebih fokus kepada perjalanan obat-obatan di dalam tubuh maka farmakodinamik lebih fokus membahas dan mempelajari seputar efek obat-obatan itu sendiri di dalam tubuh baik dari segi fisiologi maupun biokimia berbagai organ tubuh serta mekanisme kerja obat-obatan itu sendiri di dalam tubuh manusia.

Nah... sekarang udah ngerti kan tentang pengertian farmakodinamik dalam ilmu farmakologi tapi dengan bahasa sederhananya aja. Jadi pengertian farmakodinamik sebenarnya lebih fokus kepada efek obat di dalam tubuh.

Tidak ada komentar: